Rabu, 13 April 2011

Hah, “Api Terjun” ?

Annyeong Semuaaa.....

Wahhh, maaf yah, kali ini Anak Bumi agak telat ngepost postingan barunya (wajar, anak kelas 3 lagi bener-bener panas dingin gak karuan mikirin UN) tapi, Insyaallah Anak Bumi bakalan terus istiqomah buat berbagai banyak cerita menarik, khusus tentang bumi tentunya.

Well, postingan kali ini spesial banget, Soalnya dibikin khusus sama Luthfi Fatchur, salah satu alumni Anak Bumi Smancis juga. Tentang 'Api Terjun' nih, aneh kan? makanya yuk, baca bareng-banreng !

Si “Api Terjun”


Denger kata air terjun mungkin udah enggak aneh ditelinga sobat geoscience semua. Nah, gimana kalau Api Terjun ?

Nature amazing phenomenon ini ternyata ada di Yosemite National Park yang ada di California – Amerika. Si api terjun ini bisa kita temukan di gugusan pegunungan Sierra Nevada, sebelah barat Danau Tahoe, yang tingginya 2.000 kaki atau sekitar 600 meter-an.

Dikasih nama Api terjun karena ketika air jatuh dari ketinggian sekitar 2000 kaki, mirip kayak cairan lava yang jatuh dari atas. Tapi, ternyata si api terjun ini adalah air terjun juga. Yang bikin keliatan keren kayak api ternyata air yang terjun terus kena ekspos sinar matahari senja yang bikin keliatan berkilauan kuning keemasan. Fenomena kayak gini mesti didukung sama cuaca yang cerah, posisi matahari yang pas ketika menyinari air, dan debit air yang cukup banyak biar bisa bikin air terjun ini mirip kayak cairan lava yang lagi jatuh. Bener-bener harus pake perhitungan yang “pas”.




Ini dia si "Api Terjun" yang terkenal itu. Dilihat-lihat, mirip air terjun magma di gunung Kilauea yah ? hahahaha... XD


Peristiwa kayak gini sangat langka banget dan cuma beberapa hari dalam setahun. Biasanya di bulan Februari. Sinar mataharinya akan menyorot air terjun, menciptakan cahaya oranye kayak api yang very memukau banget.

Fenomena api terjun ini paling pas dilihat jam 17.30 waktu setempat. Ketika cahaya matahari senja tepat menyinari batuan di sekitar air terjun. Nah, disitulah keajaiban alam terjadi dan iluminasi natural tercipta. Tapi sayang banget, si api terjun ini susah pisan dilihat karena emang merupakan salah satu fenomena alam yang paling jarang banget terjadi.

Yosemite National Park yang ngajejer sepanjang 3.000 kilometer ini menarik 3,5 juta wisatawan tiap tahunnya. Api terjun adalah salah satu pesonanya. Api terjun bisa dicapai dengan mendaki ke arah utara Twin Bridge lewat rute 50 AS.

By : Luthfi Fatchur Faay Rochman

2 komentar:

  1. bagus!. buka link ini deh/Misteri “Pintu Neraka” di Turkmenistan

    BalasHapus
  2. Blog yang simpel tp lucu dan menarik :D like this b^^d... Saling berkunjung dan komentar yah, mau follow ato tuker link juga boleh :P

    BalasHapus